Wednesday 4 March 2015

Cara Penyebaran Virus Ebola

Cara Penyebaran Virus Ebola
Cara Penyebaran Virus Ebola


Badan kesehatan seluruh dunia saat ini tengah menyerukan waspada terhadap penyebaran virus Ebola, tak terkecuali di Indonesia. Apalagi virus yang juga biasa disebut dengan nama EBOV ini bisa menyebar melalui berbagai faktor.
Ada lima strain virus Ebola, yaitu Bundibugyo ebolavirus, Zaire ebolavirus, Sudan ebolavirus, Tai Forest ebolavirus, dan Reston ebola virus. Tiga strain yang paling sering menimbulkan wabah penyakit adalah jenis Bundibugyo, Zaire, dan Sudan.
Di Indonesia sendiri, saat ini ada sejumlah pasien rumah sakit yang diduga terkena virus Ebola. Kebanyakan diantara mereka mengalami demam tinggi berhari-hari. Apalagi beberapa diantara pasien ada yang baru pulang dari luar negeri.
Terkait dengan cara penyebaran virus Ebola, Guru Besar Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Prof dr Umar Fahmi Ahmadi, MPH., Ph.D. menjelaskan bahwa virus tersebut bisa menular dengan beberapa cara:

- Kontak cairan penderita
Menurut Umar, virus Ebola bisa menular melalui cairan tubuh dari penderita Ebola. Jika ada orang yang menyentuh atau terkena cairan penderita secara langsung, maka orang tersebut berisiko tertular Ebola. Cairan yang dimaksud adalah berupa keringat, darah, sperma, air liur, dll.

- Kontak dengan binatang sudah mati
Di Afrika, kata Umar, selain melalui manusia penularan Ebola juga bisa melalui binatang yang sudah mati, seperti antilop, monyet, gorila, dan lainnya. Jika ada orang yang menyentuh atau terkena cairan dari binatang tersebut, maka ia berisiko terkena Ebola.
Umar menjelaskan, risiko penularan Ebola semakin besar jika terjadi kontak secara langsung dengan penderita terutama jika kulit sedang terluka. Menangani jenazah korban Ebola juga bisa dapat tertular, karenanya tidak boleh sembarangan.

cream pemutih wajah , dr rochelle skin expert
cream pemutih wajah , kezia skin expert
cream pemutih wajah , dr rochelle skin expert
cream pemutih wajah , dr rochelle skin expert

No comments:

Post a Comment

Blog Archive