Monday 17 August 2015

Kiat Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Kiat Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

sekarang penyakit diabetes sudah menjamur di mana-mana. Penyakit diabetes kerap ditemui kepada satu orang yang memasuki dr rochelle skin expert usia fase paru baya. kebanyakan, diabetes yang sering dialami oleh orang-orang dewasa yaitu Diabetes Melitus jenis 2.
dr rochelle skin expert

 Penyakit ini bukan disebabkan kurangnya kadar insulin dalam sirkulasi darah melainkan terjadinya ganjalan metabolisme tubuh akibat tidak pekanya jaringan sel kepada tubuh, khususnya di bagian hati dan pankreas terhadap hormon insulin.

 Mengingat beberapa hari lagi akan memasuki bulan suci Ramadan, bagi Anda yang penderita diabetes konsisten akan menjalankan puasa. Agar lebih aman dan nyaman, Anda pula perlu mengatur makanan. Anda disarankan untuk memperhatikan jenis makanan yang dapat dikonsumsi.

 Dr. Wismandari, SpPD, FINASIM, satu orang Konsultan Diabetes mengatakan bahwa ada kiat mengatur makanan supaya puasa mampu lancar dan aman bagi penderita Diabetes Melitus. Macam Mana caranya? Berikut kiat aman berpuasa bagi penderita diabetes :

 1. Melambatkan sahur dan berbuka sesuai dikala
 Melambatkan sahur amat sangat penting bagi penderita diabetes. Maksudanya, penderita diabetes sebaiknya sahur saat mendekati imsak saja dan makan perlahan-lahan. selain itu, penderita Diabetes juga disarankan untuk cepat berbuka seandainya memang sudah waktunya. Janganlah Hingga menunda-nunda dikarenakan dapat membahayakan diri sendiri.

 2. Minum air yang cukup selagi puasa
Meski sedang menjalankan puasa, alangkah baiknya penderita diabetes tetap meminum air putih sejumlah 8 gelas atau 2 liter per hari.

 3. Pilih karbohidrat kompleks
Pilih karbohidrat kompleks yang butuh pembakaran lama kala sahur.Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat tubuh tetap mengeluarkan energi buat menghancurkannya dan mengurangi risiko timbunan lemak yang disebabkan oleh kelebihan gula. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan sayuran.

 4. Kurangi makanan berlemak dan perbanyak serat
 Makanan berserat yaitu yang mengandung serat di mana tubuh tidak mampu mencerna atau menyerapnya. Lantaran tak dapat dicerna oleh bagian pencernaan dalam tubuh, serat makanan ini tak akan menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh. Makanan berserat mampu didapatkan dari kategori sayuran dan buah-buahan. Tetapi, jenis buah yang baik untuk penderita diabetes antara lain, pir, apel, anggur, al[pukat, ceri, jeruk, dan melon.

 Itulah cara aman berpuasa bagi penderita diabetes. Untuk porsi kalori asupan yang harus dipenuhi tatkala Ramadhan merupakan 50% disaat berbuka puasa, 10 % setelah sahur, dan 40% disaat sahur. Bersama begitu, puasa Anda bakal lancar biarpun mengalami diabetes.
Cara Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Sekarang Ini Ini penyakit diabetes sudah menjamur di mana-mana. Penyakit diabetes kerap ditemui pada seseorang yang memasuki usia fase paru baya. Rata-rata, diabetes yang tak jarang dialami oleh sekian banyak orang dewasa ialah Diabetes Melitus tipe 2.

 Penyakit ini bukan disebabkan kurangnya kadar insulin dalam sirkulasi darah melainkan terjadinya hambatan metabolisme tubuh akibat tidak pekanya jaringan sel kepada tubuh, khususnya di bagian hati dan pankreas kepada hormon insulin.

 Mengingat sekian tidak sedikit hari lagi bisa memasuki bulan suci Ramadan, bagi Anda yang penderita diabetes terus bisa menjalankan puasa. Agar lebih aman dan nyaman, Anda juga perlu mengatur makanan. Anda disarankan untuk memperhatikan jenis makanan yang mampu dikonsumsi.

 Dr. Wismandari, SpPD, FINASIM, satu orang Konsultan Diabetes menyampaikan bahwa ada trick mengatur makanan supaya puasa dapat lancar dan aman bagi penderita Diabetes Melitus. Bagaimana caranya? Berikut kiat aman berpuasa bagi penderita diabetes :

 1. Melambatkan sahur dan berbuka sesuai disaat
 Melambatkan sahur amat sangat amat sangat penting bagi penderita diabetes. Maksudanya, penderita diabetes sebaiknya sahur kala mendekati imsak saja dan makan perlahan-lahan. di luar itu, penderita Diabetes pun disarankan untuk serta-merta berbuka bila memang sudah waktunya. Jangan menunda-nunda sebab bisa membahayakan diri sendiri.

 2. Minum air yang cukup selagi puasa
Biarpun sedang menjalankan puasa, alangkah baiknya penderita diabetes tetap meminum air putih jumlahnya 8 gelas atau 2 liter per hari.

 3. Pilih karbohidrat kompleks
Pilih karbohidrat kompleks yang butuh pembakaran lama diwaktu sahur.Karbohidrat kompleks membutuhkan dikala lebih lama untuk dicerna sehingga membuat tubuh tetap mengeluarkan energi untuk menghancurkannya dan mengurangi risiko timbunan lemak yang disebabkan oleh kelebihan gula. Karbohidrat kompleks mampu ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan sayuran.

 4. Kurangi makanan berlemak dan perbanyak serat
 Makanan berserat yakni yang mengandung serat di mana tubuh tidak akan mencerna atau menyerapnya. Dikarenakan tak akan dicerna oleh bidang pencernaan dalam tubuh, serat makanan ini tidak akan menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh. Makanan berserat bisa didapatkan dari jenis sayuran dan buah-buahan. Namun, kategori buah yang baik untuk penderita diabetes antara lain, pir, apel, anggur, al[pukat, ceri, jeruk, dan melon.

 Itulah cara aman berpuasa bagi penderita diabetes. Utk porsi kalori asupan yang harus dipenuhi selama Ramadhan ialah 50% ketika berbuka puasa, 10 prosen setelah sahur, dan 40% kala sahur. Bersama begitu, puasa Anda bakal lancar biarpun mengalami diabetes.
Cara Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Saat Ini Ini penyakit diabetes sudah menjamur di mana-mana. Penyakit diabetes kerap ditemui kepada seseorang yang memasuki usia fase paru baya. Umumnya, diabetes yang tak jarang dialami oleh sekian banyak orang dewasa merupakan Diabetes Melitus tipe 2.

 Penyakit ini bukan disebabkan kurangnya kadar insulin dalam sirkulasi darah melainkan terjadinya kendala metabolisme tubuh akibat tidak pekanya jaringan sel kepada tubuh, khususnya di bagian hati dan pankreas terhadap hormon insulin.

 Mengingat sekian tidak sedikit hari lagi mampu memasuki bulan suci Ramadan, bagi Anda yang penderita diabetes tetap mampu menjalankan puasa. Agar lebih aman dan nyaman, Anda pula perlu mengatur makanan. Anda disarankan utk memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi.

 Dr. Wismandari, SpPD, FINASIM, satu orang Konsultan Diabetes mengatakan bahwa ada trick mengatur makanan agar puasa sanggup lancar dan aman bagi penderita Diabetes Melitus. secara Apa caranya? Berikut cara aman berpuasa bagi penderita diabetes :

 1. Melambatkan sahur dan berbuka serasi ketika
 Melambatkan sahur sangat penting bagi penderita diabetes. Maksudanya, penderita diabetes sebaiknya sahur waktu mendekati imsak saja dan makan perlahan-lahan. selain itu, penderita Diabetes juga disarankan untuk langsung berbuka jika benar-benar sudah waktunya. Jangan Sampai menunda-nunda karena mampu membahayakan diri sendiri.

 2. Minum air yang lumayan selama puasa
Meski sedang menjalankan puasa, alangkah baiknya penderita diabetes konsisten meminum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari.

 3. Pilih karbohidrat kompleks
Pilih karbohidrat kompleks yang butuh pembakaran lama waktu sahur.Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat tubuh konsisten mengeluarkan energi utk menghancurkannya dan mengurangi risiko timbunan lemak yang disebabkan oleh kelebihan gula. Karbohidrat kompleks bisa ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan sayuran.

 4. Kurangi makanan berlemak dan perbanyak serat
 Makanan berserat yakni yang mengandung serat di mana tubuh tidak dapat mencerna atau menyerapnya. Dikarenakan tak bisa dicerna oleh sektor pencernaan dalam tubuh, serat makanan ini tak mau menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh. Makanan berserat bisa didapatkan dari jenis sayuran dan buah-buahan. Tetapi, tipe buah yang baik buat penderita diabetes antara lain, pir, apel, anggur, al[pukat, ceri, jeruk, dan melon.

 Itulah trick aman berpuasa bagi penderita diabetes. Untuk porsi kalori asupan yang harus dipenuhi selagi Ramadhan yakni 50% saat berbuka puasa, 10 persen setelah sahur, dan 40% dikala sahur. Bersama begitu, puasa Anda dapat lancar meski mengalami diabetes.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive